Keanggotaan APBN

Anggota APBN

Jumlah anggota APBN saat ini telah terdata sekitar 7.824 penangkar burung endemik Indonesia. APBN merupakan asosiasi yang dijalankan oleh penangkar untuk penangkar, semua pengurus korwil di semua wilayah adalah penangkar burung endemik Indonesia. APBN bersifat netral keanggotaannya (semua organisasi perburungan boleh menjadi anggota). Kicaumania atau penangkar yang tergabung dalam APBN akan mendapat sertifikat jika mendaftarkan burungnya kepada korwil di wilayahnya dan menunjukkan bahwa burung yang dimiliki merupakan hasil tangkaran, bukan merupakan burung liar yang diambil di alam bebas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam melestarikan burung-burung endemik di Indonesia.

Ring APBN

Ring APBN merupakan hasil dari kemajuan perkembangan tekhnologi digital. Bahan material ring yang ringan sehingga nyaman untuk burung, juga ditambahkan QR CODE (Quick Response Code) yaitu barcode 2 Dimensi yang dapat Anda scan menggunakan smartphone dengan cara mendownload aplikasi QR & Barcode Scanner melalui PlayStore secara gratis.

QR CODE tersebut berfungsi untuk mendeteksi pedigree/stambum/silsilah burung penangkaran yang berisi Farm, Pemilik, Alamat, Tgl tetas, nomor Ring serta nomor ring dari Indukan Jantan dan Betinanya. Dengan harapan manajemen data base yang rapi sehingga dapat menjadi data valid baik untuk penangkar maupun calon konsumen.

QR CODE tersebut juga terintegrasi dengan KTA dan Website APBN, sehingga database setiap anggota dimiliki APBN. Jika penangkar akan melakukan perubahan data saat terjadi pindah kepemilikan atau transaksi dapat dilakukan dengan mudah.

Selain fungsi teknis diatas, Ring APBN juga akan mampunyai kelas tersendiri saat diselenggarakan lomba burung berkicau dengan bonus yang fantastis apabila menggunakan Ring APBN adalah sangat memungkinkan karena APBN bersinergi dengan RONGGOLAWE NUSANTARA dan EO Besar Perburungan lainnya.